Panduan Cara Install Windows 10 Sampai Selesai (Tanpa Kehilangan Data)

Panduan Cara Install Windows 10 Sampai Selesai (Tanpa Kehilangan Data)

Tutorial yang akan saya bagikan kali ini tentang langkah menginstall (ulang) windows 10. Seperti yang anda ketahui bahwa windows 10, proses operasi besutan Microsoft ini menyebabkan perhatian khusus bagi pengguna komputer.

Banyak dari mereka yang laksanakan upgrade dari proses operasi lama mereka ke windows 10. Hal selanjutnya wajar-wajar saja, mengingat interface dari windows 10 ini sangatlah elegan dan keren. Tidak cuma itu, fitur dan beberapa berlebihan windows 10 yang tidak dimiliki versi pada mulanya menyebabkan pengguna terlampau nyaman gunakan proses operasi ini.

Tampilan windows 10 ini merupakan perpaduan antara windows 7 dan windows 8. Perlu anda menyadari juga, langkah menginstallnya pun hampir serupa bersama langkah menginstall windows 8. Saran saya, baca baik-baik tutorialnya sampai habis biar nantinya tidak ada masalah kala proses instalasi windows 10 nya.

Cara Install Windows 10 Sampai Selesai Cara Instal Ulang Laptop Windows 10
Sebelum menginstall proses operasi windows 10, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya sebagai selanjutnya :

1. Cara Setting BIOS Terlebih Dahulu
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, anda harus setting BIOS agar booting pertama kali ditunaikan dari DVD. Karena defaultnya komputer/ laptop booting pertama kali dari HDD, maka anda harus menggantinya bersama langkah sebagai selanjutnya :

1. Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda. Setelah itu, tekan tombol DEL(Delete) berulang kali sampai terlihat penampilan BIOS layaknya gambar dibawah ini. Oh yah, tidak seluruh komputer/ laptop gunakan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS loh, ada beberapa tombol yang paling umum digunakan layaknya F1, F2, atau Fn+F2 tergantung manufacturernya. Selanjutnya tukar ke tab Boot gunakan tombol ◄ ►.

tampilan awal bios windows 10

2. Seperti yang anda melihat bahwa Hard Drive atau HDD berada terhadap kronologis teratas. Hal selanjutnya menandakan bahwa booting pertama kali ditunaikan dari HDD.

HDD booting pertama kali windows 10

3. Supaya booting pertama kali ditunaikan dari DVD, silakan menentukan CD-ROM Drive sesudah itu pindah gunakan tombol +/ – sampai berada di kronologis teratas layaknya yang terlihat terhadap gambar berikut.

pilih Cd drive windows 10

4. Jangan lupa masukkan DVD installer windows 10nya ke DVDROM, sesudah itu simpan hasil settingan BIOS anda tadi bersama menekan tombol F10, lalu menentukan Yes.

simpan pengaturab bios 2

2. Langkah-langkah Instalasi Windows 10
Setelah anda sudah setting BIOS agar booting pertama kali dari DVD, saatnya anda laksanakan instalasi windows 10. Simak langkah-langkah selanjutnya ini untuk menginstall windows 10 :

Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi windows 10. Misalkan anda dihadapkan ulang bersama penampilan layaknya ini terhadap tengah-tengah proses instalasi, jangan tekan tombol apa-pun ya, gara-gara anda akan dibawa ulang ke proses awal instalasi terkecuali melakukannya.
tekan sembarang tombol untuk booting windows 10
Pilih Indonesian (Indonesia) terhadap Time plus currency format, untuk yang lainnya layaknya Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah diganti.
pilih time plus currency windows 10
Selanjutnya menentukan Install now.
pilih Install now windows 10
Saya anggap anda belum membawa product key-nya, kita mampu laksanakan aktivasi windows 10 nanti. Jadi menentukan I don’t have a product key.install windows 10 a
Pilih varian atau edisi windows 10 yang anda inginkan, disini saya memberi saran Windows 10 Pro. Selanjutnya menentukan Next.install windows 10 b
Kemudian centang I accept the license terms, lalu menentukan Next untuk melanjutkan.
install windows 10 c
Pada langkah selanjutnya ini, silakan menentukan Custom: Install Windows only (advanced).
pilih custom untuk partisi windows 10
3. Tahap Partisi (Perhatikan!)
Misalkan anda idamkan laksanakan install ulang maupun upgrade/ downgrade dari proses operasi windows lama anda ke windows 10, memadai delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua partisi yang anda hapus selanjutnya menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).
Nah, setelah itu silakan membuat partisi baru ulang dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai wilayah instalasinya, lalu menentukan Next untuk melanjutkan. Dengan begitu, data-data terhadap partisi lain tetap safe (tidak terhapus). Lebih jelasnya, lihat video pendek selanjutnya ini (Jika anda gunakan ponsel saat membaca tutorial ini, pastikan anda gunakan browser Chrome atau Mozilla agar videonya mampu diputar bersama baik):
Bagi anda yang idamkan install ulang maupun upgrade/ downgrade dari proses operasi windows lama anda ke windows 10, silakan lewati langkah no 7-11. Dan bagi anda yang HDDnya tetap kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall proses operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah no 6 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *