Resep Donat Empuk Anti Bantat, Ikuti Tips Membuatnya juga Bun

Resep Donat Empuk Anti Bantat, Ikuti Tips Membuatnya juga Bun

Donat merupakan salah satu camilan yang populer. Variasi resep donat juga banyak. Bunda bisa membuat donat kampung yang simple bertabur gula atau dengan macam-macam topik bak di outlet ternama.
Membuat donat susah-susah gampang, Bunda. Jika baru pertama kali membuat donat, bisa saja Bunda bakal mengalami pernah donat bantat dan keras. Tapi, seiring dengan pengalaman dan eksplorasi resep, bisa saja Bunda bakal semakin ahli.Penyebab donat bantat

Melansir dari buku Resep Lezat: Donut Spesial karya Seri Masak PRIMARASA, donat yang bantat bisa disebabkan oleh beberapa aspek penyebab. Misalnya seperti tidak cukup ragi, adonan tidak cukup kalis pada sementara diuleni, persentase bahan yang tidak tepat, dan sementara fermentasi yang benar-benar singkat.

Oleh dikarenakan itu tersebut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda melaksanakan agar donat buatan Bunda jadi empuk dan tidak bantat.

Tips agar donat tidak bantat
Bunda bisa mencermati tepung terigu dan bahan-bahan lain dengan persentase yang tepat. Kelebihan terigu adalah salah satu alasan mengapa donat jadi bantat. Gunakan timbangan dan sendok ukur agar persentase bahan-bahan akurat, ya, Bunda cara membuat donat .

Adonan tidak cukup kalis juga jadi salah satu penyebab donat tidak empuk. Kalis artinya adonan tidak melekat kembali di tangan Bunda. Oleh dikarenakan itu, Bunda mesti melaksanakan teknik menguleni adonan seperti membasuh baju. Adonan ditarik dan dilipat sambil ditekan, dan dilaksanakan berkali-kali hingga adonan kalis.
Waktu fermentasi yang benar-benar singkat bisa membuat donat tidak mengembang sempurna, agar sementara digoreng jadi bantat. Oleh dikarenakan itu, setelah kalis, adonan mesti didiamkan hingga mengembang dua kali semula. Hal ini tergantung dengan suhu ruang. Sebelum dibentuk adonan, kempiskan pernah agar gas yang ada di dalamnya terbuang.

Resep donat
1. Resep donat kentang
Bahan:
1 kg tepung terigu, gunakan terigu dengan protein yang tinggi, ya Bunda
200 gram margarin, dilelehkan
500 ml air hangat
10 sdm gula pasir
4 butir kuning telur
2 sdm susu bubuk
12 gram ragi instan
Gula halus secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
Langkah pertama, campurkan beberapa bahan, seperti siapkan wadah atau baskom.
Tuangkan air hangat dengan dengan 10 sdm tepung terigu, ragi, dan juga halus. Aduk Sejalan jarum jam hingga semua bahan merata. Kemudian, tambahkan semua sisa bahan secara perlahan, sambil diuleni hingga benar-benar kalis.
Jika udah kalis, masukkan kuning telur, susu, dan margarin secara berurutan sambil diaduk. Tuang semua sisa tepung terigu yang ada ke dalam wadah sambil diuleni hingga benar-benar kalis.
Pastikan teksturnya halus, licin, dan tidak lengket. Simpan dalam wadah yang di awalnya udah diolesi dengan minyak, dan tutup adonan dengan gunakan kain lembap.
Resep donat empuk adalah dengan mencermati sistem fermentasinya. Lakukan dengan benar, jikalau tidak cukup lama, adonan belum mengembang prima dan hasilnya jadi bantat. Lakukan fermentasi ini sepanjang sejam, ya, Bunda.
Setelah sejam, ambil adonan dan uleni, lalu, membuat wujud bulatan di atas loyang yang udah diberikan tepung terigu. Lakukan hingga semua adonan donat habis, dan diamkan sepanjang 10 menit.
Buatlah lubang di anggota sedang tiap-tiap donat. Siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya, dan panaskan. Kemudian, goreng adonan hingga berwarna kecokelatan, angkat, dan tiriskan.
Donat kentang siap disajikan.
Simak juga resep variasi donat spesial, di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *